Minggu, 03 Oktober 2010

AIRPORT SELAYANG PANDANG



Anda sering keluar masuk airport? Berapa pesawat yang turun naik setiap hari, setiap jam dan setiap menit? Tahukah berapa liter bahan bakar pesawat 747? Fasilitas apa saja untuk mendukung sebuah airport yang sangat padat dan super sibuk? Berapa orang yang terlibat?
Seperti halnya terminal bus dan stasiun kereta api, airport pun punya karakteristik yang berbeda-beda. Ada yang sepi penumpang karena sedikitnya jadwal penerbangan. Ada pula yang super sibuk karena padatnya pesawat yang Take-off ( mengudara atau lepas landas ) dan Landing ( mendarat ) membawa ribuan penumpang.
Aflanta’s Harfsfield International Airport misalnya, menangani sekitar 2.400 penerbangan setiap hari ( satu penerbangan setiap 40 detik, 24 jam per hari ! ). Penumpang yang diangkat mencapai 72.000.000 penumpang domestik dan 78.000.000 penumpang internasional setiap tahun !

Transport darat
Sebuah airport tidak bisa berdiri sendiri atau terpisah dengan sistem transportasi darat lainnya. Keberadaan airport juga tergantung dengan transportasi lainnya, sehingga orang dapat pergi ke dan dari airport, parkir, pergi dari satu tempat ke tempat lain dalam airport dengan mudah. Transportasi darat merupakan bagian penting dari sebuah airport.

Tempat terbuka dan terminal
Hampir setiap airport internasional menyediakan ruang consourses ( terbuka ) dan termasuk terminal.
Didalam itulah anda bisa memesan tiket, check-in dan mengurus bagasi.
Yang dimaksud consourses adalah ruangan yang luas dan memanjang tampat anda menemukan toko, restoran dan ruang tunggu.

Runway ( landasan pesawat terbang )
Runway merupakan sebuah area khusus yang panjangnnya sekitar 3.000-an meter ( 2 mil ) dengan lebar kira-kira 16 kali lebar jalan tol dan tebal sekitar 90 cm !
Mengapa harus setebal itu? Bayangkan, sebuah pesawat Boeing 777 atau 747-400 penuh penumpang yang beratnya 385.554 kg landing diatas tanah. Runway dirancang untuk menahan tekanan seberat itu namun tetap kokoh, tidak retak, atau amblas karena struktur dan disainnya sudah disesuaikan dengan berat pesawat, frekuensi take-off, landing pesawat dan sebagainya. Untuk membangun bandara Denuer International misalnya, membutuhkan 2.500.000 kubik beton !

Bahan bakar
Tahukan anda bahwa pesawat jumbo jet Boeing 747 mampu menghabiskan bahan bakar 4 liter setiap detik ?!
Kapasitas tangki bahan bakarnya mampu menampung puluhan ribu galon bahan bakar ( avtur ). Ini berarti sebuah airport menghabiskan jutaan liter bahan bakar setiap hari. Di bandara  internasional Denuer  setiap jamnya tersedia 175.264 – 349.772 Liter.
Untuk menampungnya, tersedia 3 tempat didalam tanah dengan masing-masing 6 tangki, yang setiap tangkinya dapat menampung 11.356.235 Liter dan mengalirkan 1.135 Liter per menit !

Airport management
Airport merupakan sebuah rangkaian bisnis besar untuk. Untuk membangun Denuer International Airport misalnya, dibutuhkan dana sebesar $ 5.000.000.000 dan biaya operasional $ 160.000.000 per tahun. Sekitar 90% pegawai airport merupakan karyawan swasta, 10% sisanya terkait langsung dengan dunia penerbangan seperti, pilot, enginer, petugas dan keamanan airport dan sebagainya.

Sistem keamanan airport
Jutaan orang terbang tiap hari, untuk mengamankannya dibutuhkan sistem berlapis-lapis. Anda harus melewati sianar X, alat pemindai yang mampu melihat benda yang menempel pada dan dalam tubuh anda ( misalnya, senjata tajam, obat-obatan dll ).
Jika anda melakukan perjalanan internasional anda harus menunjukkan pasport. Dalam proses check-in petugas akan menanyai anda, misal ; apakah barang bawaan anda selalu bersama anda sepanjang waktu ? apakah ada seseorang yang memberikan atau menitipkan sesuatu atau meminta anda untuk membawakan sesuatu. Salah satu taktik teroris adalah dengan menitipkan atau menyembunyikan bom di koper orang lain. Cara lain adalah memberikan sesuatu misalnya, mainan atau boneka kepada seseorang. Orang tidak menyangkan sebuah mainan atau benda sepele seperti boneka ternyata bom berdaya peledak tinggi.


Diambil dari berbagai sumber.

1 komentar:

  1. Senang membaca artikel ini.
    Bisa ditambahkan informasi ke negara mana saja WNI bisa bebas visa, bikin visa on arrival, dan bikin visa dari Indonesia.

    BalasHapus